Cara Cek Saldo Bank BTN Cukup Lewat SMS

Melakukan aktivitas yang berhubungan dengan bank saat ini ini tidak mesti harus mengunjungi kantor bank yang seringnya harus antri lebih dulu sebelum mendapatkan pelayanan. Salah satu institusi bank milik pemerintah yaitu Bank BTN (Bank Tabungan Negara) pun paham betul jika umumnya para nasabah sekarang ini tidak mempunyai waktu banyak bila mesti antri lebih dulu saat akan melakukan transaksi.

Karena alasan tersebut bank BTN mengeluarkan layanan terbaru berbasis teknologi yang akan memudahkan para nasabahnya bertransaksi. Fitur yang dinamakan SMS banking Bank BTN ini sangat berguna terutama untuk nasabah yang sangat sibuk dan tak memiliki kesempatan ke kantor bank BTN. Cukup dengan mengirimkan SMS, transaksi perbankan sudah bisa dieksekusi. Cara cek saldo bank BTN sangat mudah dilakukan dengan fitur ini.

Layanan SMS banking bank BTN memanfaatkan sebuah aplikasi yang dinamakan dengan iMobile BTN. Untuk sekedar mengecek saldo rekening hingga menggunakannya untuk membayar beberapa tagihan bulanan dapat dilakukan cukup bermodalkan smartphone di tangan. Ini tentu berita menggembirakan bagi para nasabah bank BTN yang ingin kepraktisan dan instan.

Untuk seluruh nasabah bank BTN yang belum tahu atau belum mengaktifkan layanan yang satu ini, bisa secepatnya melakukan pendaftaran. Registrasi fasilitas iMobile BTN bisa dilakukan di mesin ATM BTN. Caranya, akses mesin ATM dengan memasukkan kartu ATM BTN. Pada layar utama yang muncuk, klik opsi 'SMS Banking' - 'Pendaftaran SMS Banking' - 'Persetujuan Pendaftaran'. Masukkan nomer hp yang nantinya dipergunakan sebagai sarana melakukan transaksi. Nasabah pendaftar selanjutnya diminta membuat sendiri kombinasi 6 angka PIN SMS. Buat kombinasi angka unik yang tak mudah ditebak oleh orang lain namun juga memudahkan untuk diingat. Selanjutnya masukkan kembali PIN SMS itu seperti yang diminta. Pendaftaran kelar dan nasabah akan menerima kertas print out sebagai bukti telah melakukan registrasi di ATM. Pemberitahuan juga akan diberikan lewat SMS ke nomer hp yang tadi didaftarkan.

Nah para nasabah bank BTN yang sukses mengaktifkan layanan SMS banking BTN dapat memakainya untuk sejumlah hal berikut ini : mengecek saldo tabungan atau giro, mengirim uang sejumlah tertentu ke rekening lain di Bank BTN lain atau tujuan bank lain, mengecek suku bunga dan kurs mata uang negara lain, membayar aneka tagihan, top up pulsa, mengganti PIN SMS, mengecek daftar rekening sendiri ataupun daftar rekening tujuan transfer, menambahkan alias dari nomor rekening dan melakukan pengecekan 5 transaksi terakhir.

Sementara aplikasi iMobile BTN sendir dapat diambil di toko aplikasi masing-masing jenis smartphone. Misalnya smartphone Android dapat diambil di toko google Play, atau untuk Blackberry dapat diambil di Blackberry App World. Website resmi bank BTN pun menyediakan cukup dengan mengakses  http://www.btn.co.id/sms/smsbtn.wml. Kini para nasabah sudah tahu cara cek saldo bank BTN secara mudah dan cepat dimana saja dan sewaktu-waktu.